Rabu, 09 September 2009


Bulan ramadhan, bulan diwajibkannya puasa bagi umat Islam. Tua muda, pria wanita, tak bisa mungkir dari kewajibannya. Masjid masjid mendadak ramai.waktu subuh dan isya menjadi ceria. Namun begitu 10 hari pertama terlewati, prosentase pengunjung masjid mengalami “kemajuan” yang cukup signifikan. Dari yang sebelumnya 10 shaf menjadi 6-7 shaf saja. Di beberapa tempat juga muncul pasar dadakan yang buka menjelang waktu berbuka puasa tiba. Sayangnya, para penjual mengenakan pakaian yang “tidak memenuhi standart” alias minim. Yang mana malah mengurangi nilai puasanya.

Ramadhan telah mengugah euphoria beragama umat islam, namun langsung melempem sepekan setelahnya.

Selain itu, para siswa siswi juga ikut “berbahagia”. Apa pasal? Ternyata jam KBM di sekolah ikut tererosi. Yang dulunya 1 jam pelajaran = 45 menit, saat ramadhan dikorupsi menjadi 30 menit. Dengan alasan puasa.
Padahal puasa khan suatu kewajiban. Kenapa dikambing hitamkan?! Apa gunanya jam pelajaran dikurangi dengan alasan agar ibadah lebih khusyuk namun kenyataan di lapangan bicara lain?! Anak anak SMP dan SMA mayoritas malah menghabiskan “sisa” waktunya untuk jalan jalan, maen ps, dll. Yang justru membawa mudharat.

Bolehlah bila jam KBM dikurangi, tapi cuma untuk anak SD. Anggaplah sebagai pembelajaran ibadah. Toh Rasulullah Muhammad SAW dalam salah satu haditsnya menyaranan bahwa perintah beribadah untuk anak anak wajib setelah usia 10 tahun. Bila jam KBM anak SMA dan SMP dikurangi juga, apa bedanya mereka dengan anak SD?!

Allah Maha Bijaksana. Toh masyarakat diingatkan juga, baru kemarin gempa sukabumi terjadi tadi malam sekitar pukul 11an ada gempa lagi. Kali ini terjadi di 220 km selatan Wonosari, dengan kedalaman 30km.mungkin gempa itu suatu peringatan. Agar di bulan ini kita tidak melupakanNya.
Kalau dipikir pikir, dengan kondisi pendidikan dan masyarakat macam begini, kapan pemikiran dan peradaban Islam bisa bangkit? Wallahualam.

5 komentar:

gie mengatakan...

jam pelajaran dikurangi tho?
Payah...
Ramadhan, Aku malah UAS, manteb tho...

gie mengatakan...

Jam di kurangi tho?
Payah...
Ramadhan, aku malah UAS, manteb tho...

gie mengatakan...

Jam dikurangi tho?
Payah...
Ramadhan, aku malah UAS, manteb tho...

Handika tinarso mengatakan...

enak tho?! mbah surip nehhh

Anonim mengatakan...

kapan yah . . peradaban islam akan bangkit . .??