Selasa, 23 Desember 2008

Perhatikan namanya!!




Minggu lalu saat sesi melamun dibalairung selasar sayap selatan, seekor burung kecil turun dan melompat-lompat dihadapanku. Spontan saja seseorang berkata “ih…. Lucunya burung gereja itu…”
Kalimat sederhana itu menyentak kesadaranku.
Coba dalami, bagaimana kita bisa menyatakannya sebagai burung gereja? Sementara kata gereja lebih terkonotasi pada kaum nasrani? Dengan kuasa macam apa kita menghukumi mereka? Siapa yang tahu burung itu nasrani, Muslim, hindu, budha atau bahkan komunis…
Sparrow nama inggris nya, Kingdom: Animalia, Phylum: Chordata, Class: Aves Order: Passeriformes...familinya ( di gambar saya) Passeridae,
Di Indonesia ada dua jenis burung yang dinamai Burung gereja, satu bernama latin Passer montanus sedangkan yang lainnya adalah Passer domesticus. Passer domesticus di Indonesia termasuk langka .perbedaan antara keduanyapun sedikit sekali, Passer montanus punya bercak hitam di pipi, yang satunya lagi tidak. Ciri-ciri pembeda lainnya agak sulit ditangkap mata.
Bangunan buatan manusia menjadi tempat favorit bagi mereka untuk membuat sarang, terutama diantara rekahan tembok dan junjungan atap.
Pada masa itu Gereja model Eropa, ditiru arsitekturnya di Indonesia dengan tembok-tembok tinggi dan adanya rekahan memberikan ruang bagi sang burung untuk membuat sarang. Sesederhana itu.

Dengan sedikit hal ini, semoga mengingatkan kita agar tak dengan mudah menjuluki sesuatu….

2 komentar:

Anonim mengatakan...

lha nek burung kakak tua piye?
lha nek burung ku-tilang?
rung-burung...

Handika tinarso mengatakan...

karepmu nug..